Laman

Kamis, 07 Oktober 2010

Frederic kanoute

Nama lengkap Frédéric Kanouté
Tanggal lahir 2 September 1977 (umur 33)
Tempat lahir    Sainte-Foy-lès-Lyon, Perancis
Tinggi 1.92 m (6 ft 4 in)
Posisi bermain Striker
Informasi klub
Klub saat ini Sevilla
Nomor 12
Klub senior1
Tahun Klub Tampil (Gol)
1997–2000
2000
2000–2003
2003–2005
2005–
Olympique Lyon
West Ham United (pinjaman)
West Ham United
Tottenham Hotspur
Sevilla
040 0(9)
008 0(2)
076 (27)
060 (14)
101 (47)   
Tim nasional2
1998
2004–
Perancis U21
Mali
01 0(0)
18 0(8)

 Nama kanoute memang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar sepakbola, terutama yang selalu update kompetisi la liga spanyol ia bermain di klub sevilla. sikap kanoute yang bangga dengan agama yang dipeluknya lah yang menjadikan nilai lebih bagi-nya. baik didalam maupun diluar lapangan ia selalu bangga dan menjunjung tinggi nilai ajaran agama islam yang dipeluknya. lahir di Sainte-Foy-lès-Lyon,prancis 2 September 1977) dan berkebangsaan mali sebuah Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat. Perbatasannya di sebelah utara memanjang ke tengah gurun Sahara. Mayoritas penduduknya tinggal di wilayah selatan, di mana terdapat Sungai Niger dan Senegal. Negara yang dahulunya bernama Sudan Perancis ini mengambil namanya dari Kekaisaran Mali.

memang banyak pesepakbola terkenal didunia yang beragama islam, seperti Zinedine Zidane, Karim Benzema,dan bintang yang baru bersinar di World Cup 2010 Afsel yakni Mezut Oezil. akan tetapi kebanyakan dari mereka kurang begitu antusias dan bangga akan identitas mereka sebagai seorang muslim. 

lain halnya dengan kanoute, Striker Sevilla itu akhirnya didenda federasi sepak bola Spanyol (RFEF) sebesar 3.000 euro (sekitar Rp 44,5 juta). Denda itu dijatuhkan kepadanya karena menunjukkan kaus tanda dukungan kepada Palestina. Kanoute mencetak gol saat timnya menghadapi Deportivo La Coruna di babak 16 besar Copa del Rey, Kamis (8/1). Dia berlari dan menyingkap kostum Sevilla untuk menunjukkan kaus di dalam yang bertuliskan Palestina dengan berbagai bahasa. Tindakan itu dia lakukan sebagai bentuk dukungan kepada Palestina yang sedang diserang Israel.
Kanoute memang dikenal sebagai muslim yang taat. Pada tahun 2007 misalnya, pemain terbaik Afrika 2007 ini pernah memberikan gajinya selama setahun, sebesar 700.000 dolar AS atau sekitar Rp 7 miliar untuk menyelamatkan masjid terakhir yang ada di Sevilla. Masjid tersebut sedianya akan dijual karena populasi Muslim di kota tersebut mulai punah. Pemerintah setempat pun akhirnya memberi nama tempat ibadah tersebut sesuai dengan sang pembeli.

“Jika tidak ada Kanoute, kami tidak akan beribadah pada hari Jumat lagi, di mana itu adalah hari yang suci bagi umat muslim,” tukas wakil dari komunitas Islam Spanyol, sesaat setelah Kanoute membeli Masjid tersebut, seperti dilansir AFP.

Ketaatan Kanoute dalam mengamalkan ajaran Islam juga mendapat dukungan penuh dari Sevilla. Ia diberi jersey (seragam) khusus tanpa sponsor. Hal itu karena sponsor utama Los Palanganas(julukan Klub Sevilla), 888.com, adalah situs judi yang bertentangan dengan ajaran Islam. Ia juga menyumbangkan seluruh hasil penjualan kaosnya untuk beramal.
Apakah Kita Bisa meniru sikap kanoute??? Hanya Allah Yang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar