Laman

Rabu, 06 Oktober 2010

NAHWU

Menurut pengertiannya ilmu Nahwu merupakan ulumul Arabiyah atau ilmu yang mempelajari tata bahasa (arab) yang bertujuan untuk menjaga dari kesalahan dalam pengucapan yang berakibat bisa merubah artinya.

Serius belajar ngaji
terdapat banyak kitab yang mempelajari ilmu nahwu. yang terkenal adala h Matan Jurumiyah sebagai dasar pengetahuan tentang kaidah ilmu nahwu yang dikarang oleh MuqaddimahAs Syaikh Shonhajy. Al-kisah diceritakan, Syeikh Imam Al-Sinhaji pengarang kitab ini ; tatkala telah rampung menulis kaidah-kaidah ilmu nahwu dengan menggunakan sebuah tinta, beliau mempunyai azam untuk meletakkan karyanya tersebut di dalam air. Dengan segala sifat kewara’annya dan ketawakkalannya yang tinggi, beliau berkata dalam dirinya : “Ya Allah jika saja karyaku ini akan bermanfaat, maka jadikanlah tinta yang aku pakai untuk menulis ini tidak luntur di dalam air”. Ajaib, ternyata tinta yang tertulis pada lembaran kertas tersebut tidak luntur. 

Alfiyah Ibnu Malik
Dan yang kedua adalah الفية ابن مالك  (ALfiyah) yang dikarang oleh Ibnu Malik yang memiliki nama asli Syeikh Al-Alamah Muhammad Jamaluddin ibnu Abdillah ibnu Malik al-Thay , lahir di Jayyan. Daerah ini sebuah kota kecil di bawah kekuasaan Andalusia (Spanyol). Kitab ini lebih banyak berbentuk nazham. Demikian tulisan Al-Sayuthi dalam kitabnya, Bughyat al-Wu’at. Di antara karangannya adalah Nazhom al-Kafiyah al-Syafiyah yang terdiri dari 2757 bait. Kitab ini menyajikan semua informasi tentang Ilmu Nahwu dan Shorof yang diikuti dengan komentar (syarah). Kemudian kitab ini diringkas menjadi seribubait , yang kini terkenal dengan nama Alfiyah Ibn Malik. Kitab ini bisa disebut Al-Khulashah (ringkasan) karena isinya mengutip inti uraian dari Al-Kafiyah, dan bisa juga disebut Alfiyah (ribuan) karenabait syairnya terdiri dari seribu baris. Kitab ini terdiri dari delapan puluh (80) bab, dan setiap bab diisi oleh beberapa bait.
 Dan masih banyak lagi kitab2 yang berhubungan dengan ilmu nahwu shorof.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar