Laman

Rabu, 22 September 2010

AYO BELAJAR NGAJI...

Bisakah anda Membaca Qur'an........... ??? bagi orang daerah  mungkin bukanlah hal yang sulit bagi mereka. Itu dikarenakan masih kentalnya khazanah keagamaan yang sudah membaur dengan budaya yang masih mereka pegang dan pertahankan. Yang menjadi pertanyaan adalah; dapatkah kita sebagai generasi muda mempertahankan hal itu.

Bagi kebanyakan masyarakat perkotaan, bisa dibilang mayoritas dari mereka tidak begitu mengenal huruf hijaiyah. Dan tidak sedikit dari mereka yang membaca menggunakan fasilitas alqur'an huruf latin yang banyak terdapat di al-qur'an cetakan sekarang. Tapi mending lah, dikarenkan mereka masih mau melafalkan wahyu Allah.
Memang sekarang seringkali kita mendengar kumandang pembacaan Al-Qur'an. Tapi bukan manusia yang mengumandangkannya. Akan tetapi hasil rekaman baik dalam bentuk MP3 maupun sejenisnya. Mungkin akibat dari kemajuan tehnologi yang kemudian secara perlahan akan menggerus kebudayaan, bahkan imbasnya ajaran agamapun akan terlupakan. Masak sih cuma MP3 Player dan kawan2 saja yang dapat Pahala membaca Al-qur'an. Apakah kita ndak mau???

Kita patut berterimakasih kepada lembaga-lembaga pendidikan keagamaan semacam Madrasah Dinniyah yang semakin hari semakin terseok-seok dikarenakan semakin sedikitnya para orang tua yang menganggap perlu memasukkan anaknya ke lembaga tersebut, karena mayoritas dari mereka sudah terlena dan terpacu dengan pendidikan formal yang memang secara nyata bisa memberi masa depan bagi anak-anak mereka secara materi. Tapi kita lupa bahwa sesungguhnya anak juga membutuhkan pendidikan yang berbasis agama, minimal mereka dapat melafalkan al-qur'an secara baik dan benar. Karena Al-qur'an merupakan sumber dari segala Ilmu, baik hukum tatacara dan ilmu pengetahuan.

Untuk itu tidak ada salahnya kita belajar ngaji bareng2. Ibarat pepatah “ Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Ndak usah lama2 lagi. Mari kita mulai dengan mengenal Huruf Hijaiyah dulu :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar