Laman

Rabu, 22 September 2010

Tajwid

Al-Qur’an di dalam Islam adalah merupakan sumber dan dasar hukum yang pertama dan utama,Untuk mendapatkan pengetahuan secara mendalam dan mendetail dari segi bacaannya diperlukan penguasaan dan penerapan terhadap ilmu membaca al-Qur’an yaitu ilmu tajwid.

Pengertian tajwid Dari segi istilah, merupakan cabang dari ilmu pengetahuan yang membahas tentang tata cara membaca huruf hijaiyah (arab) dengan benar. Dengan mempelajari ilmu tajwid, seseorang diharapkan dapat membaca ayat-ayat al-Qur’an dengan baik dan benar, baik dari segi melafalkan makhrajul huruf (tempat keluarnya huruf) maupun mempraktikan hukum bacaan tajwidnya. Di samping itu, juga mampu memelihara bacaan ayat-ayat al-Qur’an dari kekeliruan yang dapat merubah arti dan maksudnya.

Tajwid merupakan dasar dari segala ilmu yang terdapat didalam alqur'an, selain itu, kita juga akan mendapatkan syafa'at besok pada hari kiamat. sebagaimana Rasulullah SAW telah bersabda dalam hadisnya
"Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa 'at bagi pembacanya. " (HR. Muslim dari Abu Umamah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar